Rabu, 05 November 2014

User Interface

Menurut wikipedia bahasa Indonesia,user interface merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan. Ininya adalah sistem pengguna berinteraksi dengan mesin.


Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.


Faktor yang mempengaruhi :
  • Ergonomy (ergonomika system)
  •  Faktor manusia.


Pertama kali komputer dikenalkan, muncul beberapa perkembangan untuk kenyamanan pengguna, yaitu :

  1. Text Based
    Komputer hanya menggunakan keyboard atau keypad dan memasukan perintah berbasis text. Aplikasi yang digunakan oos, wordstar, lotus 123.
  2. Menu Based
    1. Menu file
    2. New File, dll
    Aplikasi yang mengandung menu based terdapat pada : lotus, dBase III+
  3. Icon Based GUI (Graphical User Interface)). Riwayat dimulai pada “komputer Lisa”
    WIMP (mulai ada inovasi pada Windos-Icon, menu, pointer). Pada pengembangan ini sudah digunakan mouse untuk untuk menggerakan pointer.
  4. Touch Screen
    Terjadi ketika teknologi sudah memungkinkan, yaitu teknologi layar sentuh. Digunakan monitor yang kapasitif, bukan induktif. Digunakan kapasitor yang saling berhadapan sebagai konduktor, dan bereaksi dengan tangan yang berfungsi sebagai induktor.
    Jika layar yang digunakan merupakan layar resistif, maka tidak bisa menggunakan jari, hanya bisa menggunakan stylus (pen khusus untuk touch screen).
    Sedanngkan jika menggunakan tipe layar Kapasitif, bisa menggunakan stylus maupun jari tangan seperti yang digunakan pada smartphone masa kini.
  5. Gesture Based
    Diaplikasikan pertama kali pada TV Samsung yang ketika menggeser tangan chanel TV berganti otomatis, dan Nitendo Wi yang berain game sesuai dengan gerakan pemain. Teknologi ini sedang dalam perkembangan. Aplikasi di dunia nyata baru pada Nitendo Wii dan SAMSUNG Smart TV. Teknologi ini memanfaatkan kamera.
Semakin maju teknologinya, maka semakin resource intensif. Semakin banyak memori yang digunakan (resourcesnya). Contohnya pada teknologi text based, komputer hanya akan mengingat tentang teks yang ditulis dan langsung memunculkannya. Pada teknologi icon based komputer harus merekam data yang masuk, memunculkan teks dan ikon gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar